4 cara gampang yang anda perlu lakukan untuk membuat habits dan kebiasaan baru

Tentu anda sering mendengar istilah habits ketika anda bersama teman anda sedang mengamati seseorang atau sedang membicarakan seseorang, “ ah itu sudah habits nya, biarin ajalah’”. Nah, disini anda akan mendapatkan  4 cara gampang yang anda perlu lakukan untuk membuat habits dan kebiasaan baru.

4-cara-gampang-yang-orang-perlu-lakukan-untuk-membuat-habits-dan-kebiasaan-baru1
4-cara-gampang-yang-orang-perlu-lakukan-untuk-membuat-habits-dan-kebiasaan-baru1

Jika anda perhatikan, ada orang-oang yang memiliki kecenderungan tertentu dalam bertindak. Ada orang yang selalu bersemangat dalam bersedekah,  ada orang yang tidurnya malam namun masih bisa bangu untuk menunaikan sholat tahajjud, dan lain-lain. Namun ada pula yang memiliki kecenderungan dalam bertindak seperti di atas, ada orang yang sudah berkerja dan bergaji tinggi tetapi tetap memasukkan infaqnya hanya selembar 2 ribuan.

Apakah terbersit dalam benak anda  untuk berkomentar “Kok bisa ya” atau “gimana caranya, sih”.

Jika anda pernah dengar itilah habits, apakah anda tahu apa itu habits dan bagaimana seseorang itu bisa punya habits seperti itu? Habits tuh kalau anda melakukan  segala sesuatu tanpa anda harus  berpikir dulu, otomatis aja anda lakukan, atau bisa menjadi identitas anda karena anda melakukannya secara  terus menerus, yang banyak orang-orang sebut sebut “ kebiasaan”.

Anda bisa membuat kebiasaan baru dalam diri anda. Anda tinggal memilih apakah kebiasaan yang baik atau kebiasaan yang buruk?

4 cara gampang yang anda perlu lakukan untuk membuat habits dan kebiasaan baru

Ada beberapa unsur yang dapat membentuk habits atau kebiasaan baru dalam diri kita

  • Pembelajaran
  • Komitmen
  • Latihan
  • Pengulangan

Ketika anda melakukan pengulangan terus menerus , maka  akan terjadi sebuah spiral syang mirip sebuah tornado dimana makin lama pusarannya makin membesar dan makin dahsyat. Dan semakin besar putarannya, akan semakin otomatis dilakukan oleh anda tanpa harus berpikir sama sekali.

4-cara-gampang-yang-orang-perlu-lakukan-untuk-membuat-habits-dan-kebiasaan-baru3
4-cara-gampang-yang-orang-perlu-lakukan-untuk-membuat-habits-dan-kebiasaan-baru3

Setelah anda tahu 4 cara gampang yang anda perlu lakukan untuk membuat habits dan kebiasaan baru, selanjutnya anda tinggal  memperaktekannya  dan jangan sampai kehilangan semangat. Satu tips ketika ingin membentuk habits baru adalah, bahwa sebisa mungkin niat untuk berubah dari diri sendiri, dan jika perlu untuk menjaga komitmen serta bidsa dilakukan secara berulang-ulang maka carilah komunitas yang sesuai dengan tujuan anda dalam membangun habits baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*