Resensi Buku The Model for Smart Parents

Pada buku The Model For Smart Parents karya Nopriadi Hermani, Ph. D ini,  memberikan sudut pandang baru dalam seni berinteraksi dengan anak. Penekanannya pada setiap bab tentang betapa pentingnya seorang anak, betapa berharganya seorang anak yang kemudian akan menjadi aset yang sangat mahal di akhirat nanti sehingga membutuhka nsebuah grand desain agar  seorang anak dapat menjadi  mahluk yang sesuai dengan keinginan sang Pencipta.

Segala sesuatu tercipta dua kali; yang pertama ketika ada dalam pikiran ( rencana ) dan yang kedua kali ketika menjadi kenyataan ( realisasi ), jadi semakin serius kita ingin mewujudjkannya maka akan semakin serius kita membuat perencanaannya  ( Desain ).

Parenting adalah suatu proses dalam mengurusi dan membesarkan anak-anak agar kecerdasan mereka tumbuh dan berkembang baik fisik, emosional, intelektual maupun kecerdasan lainnya. Pengetahuan tentang parenting sangatlah mutlak dibutuhkan oleh orang tua, tidak layak mereka yang bicara  menjadi orang tua karena keterlanjuran memiliki seorang anak.

Sebagai orang tua, bervisi dalam mendidik anak adalah suatu hal yang  wajib dan  tidak dapat ditinggalkan. Visi harus disamakan sesuai dengan keinginan sang Pencipta yakni Allah SWT. Apa sajakah keinginan Allah SWT yang menjadi visi dan misi besar orangtua untuk anak-anaknya?

Dalam melakukan realisasi sebuah desain pendidikan orang tua mutlak harus menjadi The Model atau menjadi  teladan. sehingga kita harus menyiapkan bekal untuk memiliki fungsi keayahbundaan.

the-model-for-smart-parents
the-model-for-smart-parents

The Model for Smart Parents

Orangtua harus memiliki fungsi kepemimpinan yang dapat menjalankan 4 fungsi yaitu pemandu jalan, pemberdayaan, penyatuan dan suri tauladan.

Yang paling penting dalam prosesnya adalah  bagaimana konsep tuning harus kita terapkan dalam anak. Tuning dalam keluarga, tuning dalam lingkungan, tuning dalam negara, dan terakhir tuning dalam peradaban dunia.

semoga kisah dan konsep dalam proses desain dan realisasi dalam menjadi The Model for Smart Parents dapat kita jalani sehingga anak kita menjadi generasi rabbani yaitu orang yang dekat dengan Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*