Panglima Pengobar Semangat

Selama ini kita mungkin berpikir bahwa “super heroes” itu sekedar khayalan manusia. yang terlintas di benak kita kalau mendengar superheroes pasti jagoan-jagoan yang ada di film-film seperti Superman, Batman dan lain-lain. Tapi sebenarnya tidak, banyak sekali “super heroes” yang ada dalam sejarah islam. “Super heroes” yang kita tahu hanyalah satu sosok satu orang yang datang sendirian ketika ada sebuah kejahatan sedang berlangsung, padahal di dalam islam “super heroes” tersebut banyak yang berjuang bersama-sama atas dasar ukhuwah dan kemaksiatan ditumpas oleh bersama sama.Rasulullah adalah super heroes bagi umat islam. Tapi,  kali ini saya akan berbagi cerita yang mengobarkan semangat. Thariq Bin Ziyad 689-720M,  Panglima Pengobar Semangat.

Thariq bin Ziyad (Bahasa Arab: طارق بن زياد), dikenal dalam sejarah Spanyol sebagai legenda dengan sebutan Taric el Tuerto[2] (Taric yang memiliki satu mata), adalah seorang jendral dari dinasti Umayyah yang memimpin penaklukan muslim atas wilayah Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) pada tahun 711 M.

Musim panas tahun 711 M (92 H), Thariq bin Ziyad berangkat menuju Al-Andalus. Pada tanggal 29 April 711, pasukan Thariq mendarat di Gibraltar (nama Gibraltar berasal dari bahasa Arab, Jabal Tariq yang artinya Gunung Thariq). Setelah pendaratan, ia memerintahkan untuk membakar semua kapal dan berpidato di depan anak buahnya untuk membangkitkan semangat mereka:

“Daratan, daratan” aziz berseru.kapal pun diarahkan ke sana. Ketika sampai, mereka segera menurunkan barang-barang. ” Turunkan seluruh barang-barang” komando thariq. Tanpa mengetahui maksud permintaan panglima itu, mereka bekerja. Manghrib tiba, ” apakah kalian akan menjadi pengecut ? ” tanya Thariq. Mereka semua menggeleng.

Keesokan subuhnya ada pemandangan yang mengagetkan seluruh prajurit tersebut.  ” waaa, tolong…. kapal kita terbakar !!! ” seru salah seorang prajurit, membuat mataharipun ikut terbangun.

” Yang membakar kapal itu adalah aku ! ” seru Thariq yang membuat para prajurit kaget.

أيّها الناس، أين المفر؟ البحر من ورائكم، والعدوّ أمامكم، وليس لكم والله إلا الصدق والصبر…

“Tidak ada jalan untuk melarikan diri! Laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian: Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian sekarang lakukan kecuali bersungguh-sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran.”

Panglima Pengobar Semangat
Panglima Pengobar Semangat

Panglima Pengobar Semangat

Setelah membakar semua kapal Thariq berpidato di hadapan pasukannya yang berjumlah 12 ribu orang. Berikut petikan pidatonya:
“Di mana jalan pulang? Laut berada di belakang kalian. Musuh di hadapan kalian. Sungguh kalian tidak memiliki apa-apa kecuali sikap benar dan sabar. Musuh-musuh kalian sudah siaga di depan dengan persenjataan mereka. Kekuatan mereka besar sekali. Sementara kalian tidak memiliki bekal lain kecuali pedang, dan tidak ada makanan bagi kalian kecuali yang dapat kalian rampas dari tangan musuh-musuh kalian. Sekiranya perang ini berkepanjangan, dan kalian tidak segera dapat mengatasinya, akan sirnalah kekuatan kalian. Akan lenyap rasa gentar mereka terhadap kalian. Oleh karena itu, singkirkanlah sifat hina dari diri kalian dengan sifat terhormat. Kalian harus rela mati. Sungguh saya peringatkan kalian akan situasi yang saya pun berusaha menanggulanginya. Ketahuilah, sekiranya kalian bersabar untuk sedikit menderita, niscaya kalian akan dapat bersenang-senang dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, janganlah kalian merasa kecewa terhadapku, sebab nasib kalian tidak lebih buruk daripada nasibku…” .

” sekarang dibelakang kalian adalah laut dan didepan kita adalah musuh, kita akan melawan mereka, kita kalah dan mati syahid, atau menang dan mengembalikan Andalusia ke tangan Umat Islam,.. ” jelas Thariq yang membuat semuanya tertunduk, meresapi perkataannya,..

” Allahu akbar ! ” gema Thariq,.. ” Allahu Akbar “balas yang lain Mereka pun segera maju ke medan perang. Akhirnya……. Andalusia pun kembali ke tangan umat Islam… 

Semoga kita mewarisi sang Panglima Pengobar Semangat untuk selalu semangat dan istiqamah dalam menumpas segala kemaksiatan terhadap Allah SWT di muka bumi ini. Allahu Akbar!!!

Panglima Pengobar Semangat
Panglima Pengobar Semangat

 

 

 

 

 

 

Ditulis oleh Ariella Hakim_homeschooler dari buku diary Superheroes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*