5 cara yang gampang dipraktekkan agar anak mudah menghafal Alquran

 

Selain dari atas kesadaran dan keinginan anak untuk menghafalnya, orang tua pun harus terus memotivasi anaknya agar tetap terus dapat menikmati dalam membaca Al Quran, berikut ini ada 5 cara yang gampang dipraktekkan agar anak mudah menghafal Alquran:

5 cara yang gampang dipraktekkan agar anak mudah menghafal Alquran 3
5 cara yang gampang dipraktekkan agar anak mudah menghafal Alquran 3

Niat Ikhlas karena Allah

Insya allah dengan niat yanag baik dan ikhlas Allah akan mempermudah segala urusan hamba Nya, sebagaimana Firman Allah dalam surat Al Qamar ayat 17

Menghafal di waktu yang baik

beberapa waktu yang digunakan untuk menghafal diantaranya adalah:

  • Awal pagi saat udara masih bersih dan sejuk. Rasulullah mengatakan bahwa pagi adalah waktu yang diberkati. Secara ilmiah, kadar hormon kortison dalam darah mencapai tingkat yang paling tinggi di waktu pagi, yakni 7-22 mikrogram/100 mil plasma. Hormon kortison adalah penyuplai energi bagi tubuh dan otak.
  • Penghujung hari, bisa jadi waktu sore atau malam hari, ketika kondisi badan sedang rileks. pada dasarnya dalammenghafal alQuran tida ada keharusan dalam menghafal harus di satu waktu, namun tergantung si penghafal sedang dalam kondisi nyaman  atau tidak. sesuatu yang terjadwal akanlebih dalam membentuk habit/ kebiasaan baru

5 cara yang gampang dipraktekkan agar anak mudah menghafal Alquran

5 cara yang gampang dipraktekkan agar anak mudah menghafal Alquran 1
5 cara yang gampang dipraktekkan agar anak mudah menghafal Alquran 1

mengulang hafalan ( muroja’ah)

Mengulang hafalan sangat penting, bahkan dari menghafalnya itu sendiri. bisa di selingi dengan mendengarkan murottal alQuran dan mengulang-ngulangnya. dengan seringnya lisan mengucap, telinga mendengar akan mudah hafalan tersebut menancap dalam otak.

Menjaga Hafalan

beberapa cara menjaga hafalan bisa dengan cara membacanya keika shalat fardhu dan shollat sunnah, menulisnya dibuku, atau membacanya di depan orang tua dan guru. Berbuat baik pun bisa juga menjaga hafalan kita, kita beramal baik agar selalu mendapatkan ridha Allah SWT

Berdoa kepada Allah

Lisan yang digunakan untuk mengucap hafalan, telinga yang digunakan untuk mendengar hafalan, dan Otak yang digunakan untuk menyimpan hafalan, serta bacaan yang dihafal adlah milik Allah SWT semata, maka mintalah kepada Allah untuk memudahkan dalam menghafalnya, mencintai dan menjaganya.

 

di atas tadi adalah  5 cara yang gampang dipraktekkan agar anak mudah menghafal Alquran , selamat mencoba dan semga kita menjadi generasi terbaik umat manusia.

 

video menghafal Alquran metode Tikrar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*